Printed Book
Filsafat pendidikan islam
Abstrak: Jika mengingat pendidikan islam bukan hanya masalah praktis, akan tetapi juga masalah teoritis yang didasari oleh filsafat pendidikannya, maka pengembangan studi tentang filsafat pendidikan menjadi makin mendesak. Mempelajari filsafat pendidikan islam berarti memasuki arena pemikiran yang mendasar, sistematis, logis, dan menyeluruh (universal) tentang pendidikan, yang tidak hanya dilatarbelakangi oleh ilmu pengetahuan agama islam, melainkan menuntut kita untuk mempelajari ilmu-ilmu lain yang relevan. Buku ini terdiri dari 16 bab, pada bab pertama mempelajari filsafat pendidikan islam yaitu pengertian filsafat pendidikan dan ruang lingkup pemikiran filsafat. Bab kedua tentang pengertian pendidikan islam. Bab ketiga tentang metode studi dalam filsafat. Bab keempat tentang studi dalam filsafat pendidikan islam. Bab kelima tentang tugas dan fungsi pendidikan. Bab keenam terkait lembaga pendidikan islam dan tantangan modernisasi. Bab ketujuh membahas tentang sikap dalam menghadapi tantangan terhadap pendidikan. Bab kedelapan yaitu tentang manusia dan proses kependidikan. Bab kesembilan tentang berbagai pandangan tentang proses kependidikan. Bab kesepuluh tentang kemampuan belajar manusia. Bab kesebelas tentang kurikulum dalam lembaga pendidikan islam. Bab kedua belas tentang metode dalam pendidikan islam. Bab ketiga belas tentang tujuan pendidikan islam. Bab keempat belas tentang sistem nilai dan moral islami. Bab kelima belas tentang manusia dan fitrah perkembangan dan bab keenam belas penutup.
Tidak tersedia versi lain