Printed Book
Aplikasi customer relationship managrmrnt untuk rumah sakit
Pesatnya perkembangan bisnis yang mengadaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi mendorong terjadinya persaingan bisnis antar perusahaan yang berlaku juga pada rumah sakit. Yang menjadi langkah penting adalah strategi apa yang harus dilakukan rumah sakit agar ampu mendapatkan pelanggan (pasien) dan memelihara kepercayaan pelanggan dalam jangka waktu yang lama.Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu metode untuk mengembangkan strategi bisnis yang berpusat pada pelanggan. (Bradshaw & Brash 2001, Massey et al. 2001). Dengan penerapan aplikasi CRM yang baik, maka pihak rumah sakit dapat memperoleh pelanggan baru, mendapatkan keuntungan dari pelanggan serta mempertahankan pelanggan (pasien) yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan (rumah sakit).(Kotorov 2002, Riel et al. 2001). Informasi yang dihasilkan CRM memberikan manfaat bagi pihak rumah sakit dan pelanggan karena kritik, saran, kebutuhan dan keinginan pelanggan (pasien) dapat terfasilitasi dengan baik dan menjadi motivator bagi rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. (Fjermestad and Romano, 2003) Pada perancangan sistem aplikasi ini, terdapat 4 aktor yaitu : admin, dokter, pasien dan pengunjung. System pengisian data dan proses transaksi tidak lagi dilakukan secara manual dan dapat sedikit terhindar darikesalahan karyawan. Penyediaan sarana bagi pelanggan untuk melakukan akses 24 jam baik itu untuk bertransaksi maupun memproleh informasi sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien.
Tidak tersedia versi lain