Printed Book
Kompetensi Manajemen Rumah Sakit
Pengalaman selama 20 tahun terakhir dapat memeberikan ciri yang pokok dari manajemen rumah sakit adalah: 1) sangat tergantung pada professional dokter, dan banyak professional yang turut andil; 2) ada ciri khas pasien sebagai konsumen yang terkait penyakit; 3) patokan yang menjadi dasar adalah upaya, terap tidak dapat dipastikan dan dijamin hasil akhir. Ciri-ciri diatas dapat sebagai keberuntungan atau kelemahan, sebaiknya dianggap sebagai tantangan. Hal ini terjadi karena kemajuan ilmu, teknnologi serta ekonomi dan hokum membuat ciri khas diatas makin kompleks. Kompleksitas rumah sakit sangat dipengaruhi dan lebih kompleks lagi karena: 1) komponen bisnis dari segi kenyamanan dan kemudahan; 2) kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran memberikan cara diagnosis dan terapi yang berbeda; 3) teknologi informasi dan komunikasi (ICT), telah mengubah jarak dan cara kerja. Tantangan yang ada di Indonesia, meliputi: 1) globalisasi, dengan persaingan dan pengembangan teknologi informasi dengan perusahaan multi nasional; 2) multiple burden, Indonesia mengalami masalah yang masa lalu seperti malaria dan tbc, tetapi penyakit impot dari luat negeri telah terjangkit; 3) pendidikan yang berbasis content dan ujian masih menjadi acuan dan masih belum timbul tanda-tanda kesadaran.
Tidak tersedia versi lain