Text
Teori-teori New Media : Perspektif Komunikasi, Sosial-Budaya, dan Politik-Ekonomi
Buku ini mencoba menguraikan sejumlah teori yang berkembang dalam kajian new media dengan perspektif komunikasi, sosial-budaya, dan politik-ekonomi. Bagian pertama menguraikan tentang apa sesungguhnya new media dan perlunya pemahaman baru yang bersifat paradigmatik, terutama dalam kajian komunikasi. Bagian kedua menguraikan teori-teori new media dalam perspektif komunikasi, antara lain Teori Medium, Social Information Processing (SIP) Theory, Teori Re-mediasi, Teori Konvergensi, dan Teori Ekologi Media. Bagian ketiga menguraikan teori-teori new media dalam perspektif sosial-budaya, antara lain Teori Determinisme Teknologi, Actor-Network Theory (ANT), Teori Domestikasi Teknologi, Teori Participatory Culture, Teori Digital Culture, Teori Virtual Community, Teori Virtual Self, dan Teori Deep Mediatization. Bagian keempat menguraikan teori-teori new media dalam perspektif politik-ekonomi, diantaranya Teori Network Society, Teori Virtual Sphere, Teori Echo Chambers, Teori Ekonomi Politik Media, dan Teori Digital Capitalism.
Tidak tersedia versi lain