Dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi telah menjadi tren global dan hampir semua aspek kehidupan kita sekarang melibatkan teknologi digital. Kita dapat melakukan banyak kegiatan sehari-hari secara daring, seperti belanja, dan memesan transportasi serta akomodasi. Tentunya kita tidak hanya berperan sebagai konsumen dalam industri ini. Generasi muda Indonesia harus memahami dan memanfaatkan…
Perubahan terus berlangsung sehingga jurnalisme menghadapi tantangan besar sekaligus peluang untuk bertransformasi pada era digital. Namun, perubahan ini tak dapat segera diprediksi arahnya, bahkan oleh para praktisi yang telah puluhan tahun menggelutinya. Ekosistem (bisnis) digital ternyata tidak selalu selaras (kompatibel) dengan prinsip dan standar jurnalisme yang selama puluhan tahun dikena…
Digitalisasi telah menggeser paradigma organisasi dan publik dalam menyatukan visinya. Ruang digital telah memberikan otoritas kepada organisasi untuk melakukan konstruksi realitas terhadap publik. Otoritasi tersebut memberikan keleluasaan dalam menjalin relasi dengan publik dan menciptakan reputasi organisasi. Hal ini menciptakan cara berkomunikasi dan paradigma baru bagaimana organisasi memba…