Sebagai salah satu jenis ikan konsumsi yang ’tangguh', ikan nila sudah dikenal oleh banyak pembudidaya ikan konsumsi. Rasa dagingnya yang tidak kalah lezat dengan ikan konsumsi lain juga membuatnya populer di kalangan konsumen ikan. Pangsa pasarnya pun tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Karena itu, dirasa tepat untuk membuat buku ini. Dalam buku ini dibahas mengenai berbaga…
Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sudah populer di masyarakat. Permintaan konsumen yang terus meningkat menyebabkan usaha pembesaran ikan nila menjadi peluang bisnis yang sangat prospektif. Salah satu wadah pemeliharaan yang dapat digunakan untuk pembesaran ikan nila adalah kolam air deras (KAD). Penggunaan kolam air deras ini memberikan banyak keuntungan, di antaranya kua…
Permintaan ikan nila semakin hari semakin meningkat, baik untuk keperluan ekspor maupun pasar lokal. Di Klaten, Yogyakarta, Lestarianto, seorang petani ikan nila memasok komoditas ini sebanyak 225 ton per bulan. Angka itu pun belum mampu memenuhi permintaan yang datang kepadanya. Artinya, sebuah peluang bisnis menjanjikan menanti Anda. Apakah Anda juga ingin merasakan “gurihnya” bisnis ikan…
Awalnya, panen ikan nila yang dibudidayakan secara konvensional memerlukan waktu 3—4 bulan pemeliharaan, bahkan bisa mencapai 6 bulan. Namun, melalui proses jantanisasi benih dan sistem pemeliharaan secara monosex culture di kolam air deras (KAD) dan karamba jaring apung (KJA), waktu panen kini menjadi lebih singkat, hanya 2,5 bulan! Dapatkan berbagai teknis pemeliharaannya dalam buku persemb…