Komunikasi Interpersonal merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk memperoleh kualitas kehidupan sosial yang baik, harmonis, dan sarat dengan cinta. Saat seseorang mampu berkomunikasi efektif dengan anggota keluarga, teman, pasangan hidup, ataupun orang yang baru dikenalnya dalam budaya yang berbeda (antarbudaya), ia akan memperoleh kenyamanan dan kebahagiaan hidup. Itu…
Budaya berkenaan dengan cara manusia hidup. Manusia belajar berpikir, merasa mempercayai, dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, praktik komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan ekonomi, politik, dan teknologi, semua itu berdasarkan pola-pola budaya. Budaya adalah suatu konsep yang membangkitkan minat. Secara formal budaya didefinisikan s…
Buku ini merupakan sumber penting dalam kajian komunikasi, khususnya dalam merancang strategi penyampaian pesan melalui berbagai media. Isinya mencakup: konsep dasar perencanaan komunikasi; strategi penyusunan pesan yang efektif; pemilihan dan perencanaan media komunikasi (termasuk media penyiaran dan media daring). Integrasi antara pesan dan media untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal…
Buku ini disusun sebagai referensi penting dalam memahami dan mengembangkan kebijakan komunikasi di Indonesia. Buku ini menjelaskan tentang : Konsep dasar komunikasi, termasuk definisi dan ruang lingkup nya dalam konteks sosial dan politik; Hakekat kebijakan komunikasi, yang mencakup nilai-nilai, prinsip, dan tujuan komunikasi publik; Praktek kebijakan komunikasi di Indonesia, dengan studi kasu…
Buku ini membahas bagaimana perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi—terutama kecerdasan buatan (AI)—telah mengubah lanskap bisnis secara drastis. Transformasi digital mendorong organisasi untuk beradaptasi dari sistem konvensional ke model hibrida atau sepenuhnya digital. Perubahan ini berdampak pada berbagai pilar bisnis seperti pemasaran, keuangan, produksi, dan sumber daya manu…
Komunikasi Bisnis adalah buku yang membahas pentingnya komunikasi yang efektif dalam dunia bisnis. Buku ini menguraikan berbagai bentuk komunikasi, baik lisan, tertulis, maupun nonverbal, serta teknik yang dapat meningkatkan efektivitas dalam menyampaikan pesan. Selain itu, pembaca diajak untuk memahami peran komunikasi yang baik dalam meningkatkan kolaborasi, mempercepat pengambilan keputusan,…
Buku Komunikasi Strategis menjawab dilema perbedaan antara strategi komunikasi dan komunikasi strategis. Dengan pengalaman puluhan tahun sebagai pengajar dan praktisi komunikasi, penulis menguraikan dengan terperinci mengenai perbedaan esensial antara kedua konsep ini serta mengklarifikasi kesalahpahaman umum di kalangan praktisi. Buku ini menawarkan kajian komprehensif tentang konsep komunikas…
Buku Psikologi Komunikasi karya Drs. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc. adalah salah satu referensi klasik dalam kajian komunikasi di Indonesia, khususnya dari sudut pandang psikologi. Buku ini Membahas komunikasi sebagai perilaku manusia yang kompleks dan melibatkan aspek psikologis. Menjelaskan bagaimana proses mental memengaruhi cara kita berkomunikasi, termasuk persepsi, motivasi, emosi, dan kepriba…