Buku ini awalnya berjudul Evaluasi Program yang diterbitkan tahun 2000. Dalam edisi terbaru ini, penulis menambahkan materi penting di bab akhir mengenai instrumen evaluasi untuk program pendidikan/pembelajaran dan penelitian. Perubahan judul mencerminkan perluasan cakupan isi buku. Isi buku ini sangat berguna bagi para pendidik, peneliti, dan pengambil kebijakan yang ingin menyusun dan menerap…
Jika anggapan bahwa “tidak semua orang mampu menulis”, sesungguhnya anggapan itu terlalu skeptis dan tidak tepat. Semua orang sesungguhnya punya kemampuan menulis. Bahkan, mereka sebenarnya mampu menulis karya ilmiah yang berupa Makalah Seminar, Presentasi, Skripsi, Tesis, atau Disertasi. Kalau dikatakan bahwa “tidak semua orang mau menulis”, itu baru tepat. Sebab, semua orang telah dib…
Setiap sastrawan pasti mendefinisikan sastra degan berbda-beda. Ada yang mengartikan karya yang imajinatif, fiktif, inovatif, alat untuk mengajar dan masih banyak lagi. Sastra diteliti bukan pada maksud ataupun kandungan yang ada, tetapi pada bentuk penggunaan bahasa. Sastra dengan demikian merupakan wujud dari keterampilan dalam memainkan bentuk bahasa sehingga bagi kaum formalisme sering dise…
Buku dengan judul Metodologi Penelitian: Konsep, Teknik, dan Aplikasi ini merupakan sebuah panduan yang komprehensif dan mendalam mengenai ilmu penelitian. Dalam dunia yang terus berkembang, penelitian menjadi unsur penting untuk memahami dan mengatasi berbagai permasalahan kompleks yang dihadapi oleh masyarakat, ilmu pengetahuan, dan dunia bisnis. Buku ini dirancang dengan tujuan memberikan p…